Cara Membuat Pondasi Batu Kali

foto profil arasitek

Arasitek

26 September 2021

Tags:

Pondasi

Tanah

Cara Membuat Pondasi Batu Kali

Tahukah Anda, pondasi adalah struktur yang berfungsi sebagai landasan untuk menahan beban bangunan. Dari sekian banyak jenis-jenis pondasi, pondasi batu kali masih menjadi primadona untuk menyangga bangunan berlantai satu. Berbahan dasar batu kali yang ditanamkan di dalam tanah, penampang pondasi ini memiliki bentuk trapesium sehingga daya dukungnya lebih kuat.

Proses pembuatan pondasi batu kali tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena mempengaruhi keamanan dan kenyamanan bangunan tersebut. Setidaknya terdapat 4 syarat yang harus dipenuhi oleh pondasi batu kali yang baik, antara lain :

Konstruksinya harus kuat dan kokoh sehingga tidak mudah mengalami pergeseran tempat ataupun posisi. Bersifat fleksibel sehingga pondasi dapat menyesuaikan ketika terjadi peristiwa tanah bergerak, mengembang, menyusut, dan sebagainya. Sanggup menahan pengaruh yang berasal dari kandungan unsur organik maupun anorganik tanah. Mampu menahan air yang bertekanan cukup besar sehingga tidak menyebabkan pergeseran. Di bawah ini panduan kerja selengkapnya tentang langkah-langkah pembuatan pondasi batu kali!

Alat dan bahan yang di butuhkan dalam pembuatan pondasi batu kali :

Gerobak untuk mengangkut material bahan bangunan Timba untuk wadah menaruh adukan beton Sekop untuk mengambil pasir dan semen Benang untuk menandai pelurus kedataran yang sederhana Ayakan untuk membersihkan pasir dari kerikil Bowplank untuk menandai batas muka tanah Cetak untuk membantu mempercepat pengayakan pasir Pengaduk molen untuk mempermudah pengadukan campuran pasir dan semen Pasir sebagai bahan dasar adukan beton Semen sebagai perekat adukan beton Air sebagai pengikat pasir dan semen Batu kali sebagai bahan utama pondasi batu kali

Cara Membuat Pondasi Batu Kali

Membuat Galian

Langkah pertama di dalam membuat pondasi batu kali adalah pembuatan galian. Anda gali tanah dengan ukuran yang sama seperti lebar pondasi di bagian bawah dengan kedalaman yang disyaratkan. Langkah berikutnya, gali sisi miringnya. Dengan begitu, akan didapatkan sudut kemiringan yang paling tepat. Cek lebar, kedalaman dan kerapian sesuai dengan rencana anda.

Urug dengan Pasir

Saat pembuatan galian sudah selesai, selanjutnya ratakan pasir urug di dasar galian. Kemudian siram dengan air untuk memperoleh kelembaban yang optimal. Dengan bantuan alat berupa stamper, anda bisa memadatkan pasir urug tersebut. Kemudian ulang kedua langkah tersebut bila diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh ketebalan pasir urug sesuai dengan yang direncanakan.

Memasang Pondasi

Dalam tahap pemasangan pondasi sesuai panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pemasangan patok bantu yang bertujuan untuk memasang profil. Dua patok digunakan untuk setiap profil. Sementara itu, profil dipasang di setiap ujung lajur pondasi. Pasang bilah bantu datar di kedua patok dengan tinggi sama seperti profil. Pemasangan profil harus tegak lurus dan bidang atas profil datar. Usahakan supaya titik tengah profil tepat di tengah-tengah galian yang direncanakan serta bidang atasnya sesuai profil pondasi. Ikat profil di bagian bilah datar yang dipasang diantara dua patok dan dipaku supaya lebih kuat. Pasang patok sokong miring di bagian tebing galian pondasi. Ikatkan pada profil agar semakin kokoh. Selanjutnya cek ketegakan profil dan ukurannya. Perbaiki bila ada yang tidak tepat.

Pasangan Pondasi Batu Kali

Untuk memasang pondasi batu kali, pasang benang di sisi luar profil setiap beda tinggi 25 cm dari permukaan urug pasir tadi. Kemudian siapkan adukan agar bisa meletakkan batu-batuan tersebut. Susun batu di atas lapisan pasir tanpa menggunakan adukan dengan tinggi 20 cm. Kemudian isikan pasir di dalam celah batu sehingga tidak ada rongga antar batu yang satu dengan yang lain. Lalu siram pasangan batu kosong dengan air.

Menaikkan benang 25 cm, kemudian pasang batu kali dengan adukan sesuai ketinggian dari benang. Sediakan tempat untuk lubang stek kolom dan kebutuhan lain. Cor stek kolom dan rapikan pondasinya. Jika pasangan mengeras, bagian sisi pondasi diurug kembali.

Saat anda mengikuti panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali seperti yang sudah dijelaskan tadi, maka anda bisa membuat pondasi sesuai dengan yang diharapkan dengan kualitas yang bagus.

  1. Home /
  2. Blog /
  3. Cara Membuat Pondasi Batu Kali