Cara mudah pasang bata merah agar kuat rapat dan merekat sempurna

foto profil arasitek

Arasitek

18 Juli 2023

Tags:

teknik sipil

bata merah

Cara mudah pasang bata merah agar kuat rapat dan merekat sempurna

Berikut cara memasang bata merah yang biasa dilakukan tukang bangunan. bata merah paling sering digunakan sebagai bahan dinding. meskipun sekarang sudah banyak yang memakai bata ringan tapi bata merah masih belum tergantikan untuk urusan kekuatan.

pilih batu bata yang tidak terlalu halus permukaanya agar lebih merekat dengan mortar saat pemasangan. kecuali memang menggunakan bata expos.

Perhitungan kontraktor dan ahli struktur dalam pemasangan bata merah biasanya per m2 biasanya membutuhkan 60-70 bh bata merah tebal 5 cm tergantung tebal spaci juga.

Alat dan bahan untuk memasang bata merah

alat pasang bata

Alat:

bahan

Persiapan dalam pemasangan bata merah

Sebelum melakukan pekerjaan ada baiknya mempersiapkan material dan bahan terlebih dahulu. Pilihlah bata merah yang matang dlam proses pembakarannya agar tidak mudah retak dan patah. Selain itu perlu juga perhatikan bahwa ada perbedaan bata merah dan bata putih agar saat pemasangan tidak salah. Selain itu juga siapkan material agar lebih mudah saat pemasangan.

Pengerjaan pasangan bata merah

  1. Pertama buat acuan dengan jidar dan bandul lot agar tegak lurus. Usahakan jidar tegak lurus agar mendapat hasil pemasangan yang rapi.
  2. Tarik benang tegak lurus antara 2 acuan atau jidar. Dengan menggunakan waterpass agar benang lurus vertikal. jangan lupa tandai jidar dengan spidol tiap 20 cm atau 3 pasangan bata agar saat menaikan benan tidak perlu waterpass lagi asal jidar tidak bergeser.
  3. setelah 3 pasangan bata atau 1 meter benang bisa dinaikan. bila sudah 1 meter maka lebih baik memasang bata untuk sisi lainnya. Agar pasangan bata mengering terlebih dahulu dan tidak roboh
  4. Bila memungkinkan pasang pengait pada kolom dan bata menggunakan besi tulangan agar pasangan bata lebih kokoh.
  5. ulangi proses di atas hingga mendapatkan pasangan bata merah sesuai ketinggian yang di harapkan. Sangat di sarankan agar pemasangan bata merah tidak terlalu tinggi terlebih dahulu.

Begitulah cara memasang bata merah. sangat mudahkan. Semoga informasi ini berguna dan bisa bisa menambah wawasan teman teman.

  1. Home /
  2. Blog /
  3. Cara mudah pasang bata merah agar kuat rapat dan merekat sempurna