Perbedaan bata merah dan bata putih dalam penggunaan dan kekuatan | ARA Sipil dan Arsitektur

Perbedaan bata merah dan bata putih dalam penggunaan dan kekuatan

foto profil arasitek

Arasitek

Dec, 25 2021

Tags:

bata merah

bata putih

dinding

Perbedaan bata merah dan bata putih dalam penggunaan dan kekuatan

Last Updated: Feb, 22 2022

Dalam hal pemasangan bata merah dan bata putih hampir sama, hanya saja bata putih memiliki daya rekat yang agak kurang bila dibandingkan dengan bata merah. Maka dalam pemasangannya perlu di perhatikan ketinggian tembok basah saat pemasangan agar tidak roboh. Selain itu bata putih lebih cepat dalam hal pemasangan karena dimensi yang lebih besar. Yang akan kita bahas dalam hal ini bata putih bukan batako

Bahan pembuat bata merah dan bata putih

Perbedaan pertama adalah dari bahan pembuatnya baik itu bata merah maupun bata putih. Berikut kami jelaskan perbedaan bahan dari bata merah dan bata putih. Bata merah terbuat dari tanah liat yang dipanaskan sedangkan bata putih terbuat dari batuan kapur yang di potong balok.

Bata merah terbuat dari tanah liat yang di bakar

Komposisi pembuatan bata merah sendiri terbuat dari tanah liat yang di bakar atau dipanaskan agar terbentuk bata merah yang kering dan keras. Bata merah yang bagus terbuat dari tanah liat murni tanpa adanya tambahan padas, pasir maupun kerikil. Dalam pembuatannya bata merah yang bagus harus di bakar dalam sekam selama berhari-hari.

Bata putih hasil gergajian batuan kapur

Bata putih biasanya terbuat dari batuan kapur yang digergaji menjadi balok-balok sesuai ukuran. Bahan dasar pembuatan bata putih biasanya dapat dengan mudah di temukan di aderah yang dekat dengan bukit kapur. Karena proses pembuatan batu putih yang murni dari alam tanpa proses lagi maka kekuatan dari bata putih lebih sulit di perkirakan.

Harga bata merah dan bata putih

Harga dari bata merah maupun bata putih putih sangat berbeda hampir 2 kali. Perbedaan harga bata putih yang lebih mahal di karenakan dimensi bata putih yang lebih besar dari bata merah dan juga alat yang di butuhkan lebih banyak dari segi biaya. Selain itu biaya transport bata putih juga relatif lebih mahal untuk daerah yang jauh dari pegunungan kapusr.

Kekuatan bata merah dan bata putih

Kekuatan bata merah dan bata putih realtif sama untuk tembok tapi untuk bata putih memiliki daya rekat yang agak kurang dibandingkan bata merah. Untuk bata putih kekuatan temboknya lebih lemah daripada bata merah karena ukuran yang besar dan masa jenis yang lebih tinggi dari bata merah. Lain halnya bata merah yang kualitas bisa di ketahui dengan mudah dari warna bakarannya, bata putih lebih sulit karena termasuk material alam jadi material lebih susah untuk menjaga kualitas agar bisa seragam.

Proses pemasangan bata merah dan bata putih

Pada dasar proses pemasangan bata merah dan bata putih sama saja, hanya saja untuk bata putih disarankan menambahkan perekat tambahan untuk campuran pasir dan semennya agar tidak mudah miring. Selain itu bata putih lebih cepat proses pemasangannya karena ukuran yang lebih besar. Selain itu proses pemasangan bata putih juga lebih berat.

Bata Putih beda dengan batako

Bata putih yang biasa di pakai adalah batuan kapur yang di potong menjadi bongkahan bata bisa juga batuan kapur yang digiling kemudian di cetak kembali menjadi bata putih. Sedangkan batako adalah bata yang terbuat dari semen yang di cetak sebagai bata

Karateristik bata merah dan bata putih

Secara karacteristik bata merah lebih ringan beratnya dan tingkat perambatan panas yang lebih rendah dibandingkan bata putih. Sedangkan bata putih lebih berat dan tingkatan permabatan panas lebih tinggi maka dalam kondisi yang sama bata putih lebih dingin bila dipegang. selain itun dalam penggunaan bata putih lebih sering dipakai di rumah sekitar pantai agar suhu ruangan lebih rendah.

Note: Bata putih yang dimaksud dalam artikel adalah bata bata putih bukan batako

/ /

Perbedaan bata merah dan bata putih dalam penggunaan dan kekuatan